(0331) 487550

KULIAH UMUM MATAKULIAH BIOSISTEMATIKA HEWAN TADRIS BIOLOGI TAHUN 2023 SUKSES DISELENGGARAKAN

Home >Berita >KULIAH UMUM MATAKULIAH BIOSISTEMATIKA HEWAN TADRIS BIOLOGI TAHUN 2023 SUKSES DISELENGGARAKAN
Diposting : Rabu, 06 Dec 2023, 20:05:48 | Dilihat : 181 kali
KULIAH UMUM MATAKULIAH BIOSISTEMATIKA HEWAN TADRIS BIOLOGI TAHUN 2023 SUKSES DISELENGGARAKAN


UIN KHAS Jember- Pada hari senin tanggal 04 Desember 2023 telah dilaksanakan Kuliah Umum Matakuliah Biosistematika Hewan pada Tadris Biologi UIN KHAS Jember secara daring melalui zoom meeting. Kuliah umum kali ini mengusung tema “DNA Barcoding dan Filogenetik Cryptic Species”. Lebih lanjut, pada kuliah umum ini mengundang Katon Waskito Aji, M.Sc. dari Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada sebagai Pemateri dan dosen pengampu matakuliah Biosistematika Hewan Dr. Husni Mubarok, S.Pd., M.Si. sebagai Moderator.

Kuliah umum dimulai pada jam 08.00 dan dihadiri lebih dari 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa Tadris Biologi, alumni, dan umum. Acara berlangsung dengan lancar selama lebih kurang dua jam dan terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pemaparan materi dan tanya jawab.

Pada sesi pemaparan materi, Katon Waskito Aji, M.Sc. menjelaskan bagaimana permasalahan identifikasi morfologi organisme terutama Cryptic Species, pendekatan molekuler (DNA Fingerprinting dan DNA Barcoding), sejarah DNA Barcoding, molecular markers, pohon filogenetik, hingga contoh-contoh penelitian molekuler terkait DNA Barcoding dan pohon filogenetik.

Para peserta sangat antusias mengikuti kuliah umum ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Koordinator Prodi, Dr. Wiwin Maisyaroh, M.Si. sangat mengapresiasi kegiatan ini “Program Studi sangat mengapresiasi kegiatan kuliah umum ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencapai visi keimuan dan tujuan prodi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa kami” ucapnya. “Kami berharap semakin banyak kegiatan seperti ini’ imbuhnya (Penulis: HM, Editor: NEAN).

Berita Terbaru

Monev awal semester sukses terlaksana, tingkat partisipasi mahasiswa Tadris Biologi terbaik ketiga di FTIK
21 Mar 2024By oprtadrisbio
Prodi Tadris Biologi FTIK UIN KHAS Jember Laksanakan Asesmen Akreditasi LAMDIK
17 Jan 2024By oprtadrisbio
MEMBANGGAKAN, MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN KHAS JEMBER RAIH MEDALI EMAS OSN TAHUN 2023
07 Dec 2023By oprtadrisbio

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;