(0331) 487550

Monev awal semester sukses terlaksana, tingkat partisipasi mahasiswa Tadris Biologi terbaik ketiga di FTIK

Home >Berita >Monev awal semester sukses terlaksana, tingkat partisipasi mahasiswa Tadris Biologi terbaik ketiga di FTIK
Diposting : Kamis, 21 Mar 2024, 21:42:23 | Dilihat : 113 kali
Monev awal semester sukses terlaksana, tingkat partisipasi mahasiswa Tadris Biologi terbaik ketiga di FTIK


Jember- FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, melalui pimpinan fakultas, gugus mutu, dan unit kendali mutu prodi telah melaksanakan monitoring dan evaluasi perkuliahan awal semester genap Tahun Akademik 2023/2024. Monitoring dan evaluasi yang dikenal dengan istilah MONEV merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan FTIK pada awal, pertengahan, dan akhir setiap semester. Dr. Abdul Mu'is, S.Ag, M.Si. selaku Dekan FTIK menyatakan bahwa monev adalah bentuk nyata audit mutu penyelenggaraan akademik secara berkelanjutan, yang hasilnya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas mutu intern di lingkungan FTIK UIN KHAS Jember. Berdasarkan saran dan masukan pada hasil monev ini, Dekan menargetkan perbaikan fasilitas sebagai prioritas utama fakultas di Tahun 2024 ini.

H. Fikri Apriyono, S.Pd, M.Pd selaku ketua gugus mutu menyatakan bahwa proses pengumpulan data monev awal semester genap Tahun Akademik 2023/2024 di lingkungan FTIK UIN KHAS Jember ini dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip manajemen pengendalian mutu sebagaimana yang telah dikembangkan oleh Dikti, BAN-PT, BSNP, dan Institusi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Prodi. Hasil dari kegiatan audit kemudian dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam proses evaluasi dan pengembangan Prodi. Seluruh data yang diperoleh dan disajikan dalam laporan ini merupakan hasil dari koordinasi setiap bagian di lingkungan FTIK UIN KHAS Jember.

Pelaksanaan Monev dilaksanakan pada tanggal 26 Februari–1 Maret 2024 atau pada pertemuan kedua proses pembelajaran dalam perkuliahan semester genap tahun akademik 2023/2024. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pembelajaran awal semester genap memonitoring dan mengevaluasi beberapa komponen yaitu:

  • Kehadiran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.
  • Aktivitas mengajar apakah terlaksana secara luring/tatap muka atau daring.
  • Ketersediaan RPS dan kontrak kuliah.
  • Kualitas proses perkuliahan.

Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi awal perkuliahan dilaksanakan oleh Tim Gugus mutu fakultas bekerjasama dengan Unit Kendali Mutu Prodi, Koordinator Program studi, dosen, dan seluruh mahasiswa. 

Berdasarkan laporan monev, ditemukan bahwa tingkat partisipasi mahasiswa Tadris Biologi dalam kegiatan monev berada di urutan ke tiga tertinggi di FTIK, dengan persentase sebesar 81% dari seluruh prodi. Jumlah dosen yang mengampu mata kuliah di Tadris Biologi pada semester genap Tahun Akademik 2023/2024 ini adalah sejumlah 21 orang dengan rincian yang dimonitor sebanyak 20 orang (95%) dan yang tidak dimonitor sebanyak 1 orang (5%). Jumlah mata kuliah di Tadris Biologi yang dipasarkan dan diselenggarakan pada semester genap Tahun Akademik 2023/2024 ini sebanyak 69 kelas, dan mata kuliah yang dimonitorng sebanyak 56 kelas (81%) dan yang tidak dimonitoring sebanyak 13 kelas (19%). Hasil monev lainnya telah dilaporkan ke pimpinan fakultas dan dapat dilihat pada laporan monitoring dan evaluasi awal perkuliahan/pembelajaran semester genap Tahun Akademik 2023/2024  di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang disahkan Dekan FTIK.

Koordinator Prodi Tadris Biologi, Dr. Wiwin Maisyaroh, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang ikut terlibat dalam monev awal semester ini. Beliau menyatakan bahwa tingginya persentase partisipasi mahasiswa Tadris Biologi merupakan bukti jika mahasiswa juga ikut aktif terlibat dalam mengevaluasi dan memberikan saran terhadap mutu akademik di Prodi Tadris Biologi, sehingga pengelola prodi dan dosen-dosennya juga harus memberikan pelayanan akademik yang terbaik sembari meningkatkan kualitas seluruh komponen mutu prodi. Pengelola prodi akan melaksanakan peningkatan mutu prodi berdasarkan hasil monev ini, terutama saran dan masukan oleh mahasiswa dan berbagai pihak lain yang dihimpun melalui monev ini. (Penulis: NEA, Editor: RFD)

Berita Terbaru

Monev awal semester sukses terlaksana, tingkat partisipasi mahasiswa Tadris Biologi terbaik ketiga di FTIK
21 Mar 2024By oprtadrisbio
Prodi Tadris Biologi FTIK UIN KHAS Jember Laksanakan Asesmen Akreditasi LAMDIK
17 Jan 2024By oprtadrisbio
MEMBANGGAKAN, MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN KHAS JEMBER RAIH MEDALI EMAS OSN TAHUN 2023
07 Dec 2023By oprtadrisbio

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;