(0331) 487550

Dosen Tadris Biologi dan Pengelola KHDTK UIN KHAS Jember Ikuti Workshop II Draft Renja FOLU Net Sink Jawa Timur 2024

Home >Berita >Dosen Tadris Biologi dan Pengelola KHDTK UIN KHAS Jember Ikuti Workshop II Draft Renja FOLU Net Sink Jawa Timur 2024
Diposting : Kamis, 29 Aug 2024, 13:35:52 | Dilihat : 116 kali
Dosen Tadris Biologi dan Pengelola KHDTK UIN KHAS Jember Ikuti Workshop II Draft Renja FOLU Net Sink Jawa Timur 2024


Surabaya – Hotel Double Tree, Jl. Tunjungan Surabaya menjadi lokasi pelaksanaan Workshop II Draft Renja FOLU Net Sink Jatim pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Acara ini dihadiri oleh pengelola hutan dari seluruh Jawa Timur termasuk pengelola Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) UIN KHAS Jember. Acara ini merupakan kelanjutan dari Workshop I yang telah diadakan sebelumnya. Workshop ini dibuka oleh Kabiro Perencanaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

FOLU (Forestry and Other Land Use) Net Sink adalah konsep dalam perubahan iklim dan pelestarian lingkungan yang berfokus pada kemampuan hutan dan penggunaan lahan lainnya dalam menyerap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer. Indonesia berkomitmen untuk mencapai status FOLU Net Sink pada tahun 2030, sebagai bagian dari upaya global untuk mengurangi gas rumah kaca sesuai dengan Paris Agreement. Untuk mewujudkan target tersebut, KLHK menyusun rencana kerja (Renja) baik di tingkat nasional maupun sub-nasional. Salah satu rencana kerja sub-nasional yang sedang dibahas adalah di Provinsi Jawa Timur.

Dosen Tadris Biologi, Bayu Sandika, M.Si dan perwakilan pengelola KHDTK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Ivan Agusta Farizkha, S.T., M.T turut hadir dalam acara tersebut. KHDTK UIN KHAS Jember yang memiliki wilayah kerja di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang selama ini turut dilibatkan dalam penyusunan Renja FOLU Net Sink Provinsi Jawa Timur sebagai bagian dari wilayah kerja sub nasional Provinsi Jawa Timur.

Partisipasi UIN KHAS Jember diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam pencapaian target Zero Emission 2030. Pencapaian target ini sejalan dengan program Green Kampus dan Dasa Cita Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM. Melalui acara ini pula UIN KHAS Jember berupaya untuk menunjukkan komitmen dan kolaborasi yang kuat dalam upaya pelestarian lingkungan dan perubahan iklim di tingkat regional. (BS)

Berita Terbaru

Meet and Greet Program Studi Tadris Biologi 2024, Jalin Hubungan Erat antara Dosen, Alumni dan Mahasiswa
09 Sep 2024By oprtadrisbio
Dosen Tadris Biologi dan Pengelola KHDTK UIN KHAS Jember Ikuti Workshop II Draft Renja FOLU Net Sink Jawa Timur 2024
29 Aug 2024By oprtadrisbio
WORKSHOP CAPAIAN INVENTARISASI DAN VERIFIKASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI TAMAN NASIONAL MERU BETIRI
28 Aug 2024By oprtadrisbio

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;